PRINSIP DESAIN PENGGUNAAN ANTARMUKA

\Tiga kategori utama pada prinsip penggunaan antarmuka :
1. Kemampuan mempelajari
Mendukung pembelajaran untuk pengguna dari semua tingkatan
2. Kemampuan Fleksibilitas
Mendukung melakukan banyak tugas dengan beberapa cara
3. Kemampuan Bertahan
Mendukung untuk melakukan pemulihan.
Prinsip pengguna antarmuka menekankan pada pengecualian dan kecocokan untuk memenuhi kebutuhan

1. Prinsip mempelajari
Mempermudah pengguna baru untuk memulai lebih efektif dalam berinteraksi dan mendapatkan hasil yang maksimal.
Terdiri atas :
• Kemampuan memprediksi :
Menduga Hasil dari setiap tindakan yang dilakukan
• Kemampuan mempersatukan
Mendukung user untuk menilai efek dari operasi yang lalu pada sistem neraca.
Contohnya:
Perpindahan file dalam sistem UNIX vs. Os mac/windows.
• Mengenal sesuatu yang sudah lazim.
Mudah memahami pada kesan pertama
Apakah terdapat batasan pada hal yang lazim
• Hal umum
Pengetahuan pada satu sistem dapat di gunakan pada sistem lain yang mirip
Contoh nya : Cut dan Paste pada aplikasi yang berbeda
• Kekonsistenan
Persamaan dalam fungsi antara sejumlah tugas, operasi,dan situasi.
Perbedaannya dalam hal, Interaksi, output dan tampilan layar.

2. Prinsip fleksibel
Banyak cara bahwa system dengan pengguna dapat saling bertukar informasi, berikut ini diantaranya :
a. Dialog inisiatif
Tidak merintangi user dengan peletakan konstrain bagaimana menyelesaikan dialog. Dialog inisiatif dibagi menjadi 2 yaitu :
• Pengguna pre-emptive, dimana pengguna yang memulai tindakan. lebih fleksibel serta umumnya lebih baik.
• Sistem pre-emptive, dimana system yang melakukan semua petunjuknya, respon pengguna terkadang diperlukan.
b. Multialur
Mengizinkan pengguna untuk mengerjakan tugas lebih dari satu.
Ada dua tipe :
• Dua program yang dijalankan bersama-sama, maksudnya beberapa tugas dijalankan secara serempak
• Interleave, maksudnya dapat melakukan beberapa tugas tapi input dilakukan satu persatu.
c. Perpindahan tugas
Kemampuan perpindahan tugas antara user atau sistem,tergantung siapa yang lebih baik melakukannya. seperti spell-checking
d. Subtitutif
Fleksibilitas rincian dalam operasi, maksudnya:
• Mengizinkan user untuk memilih metode interaksi yang sesuai.
• Mengizinkan user untuk memilih cara yang berbeda untuk spesifikasi data dan konfigurasi.
• Mengizikan user untuk memilih cara yang berbeda dalam mempresentasikan atau menampilkan output kedalam task yang sesuai.
e. Kesesuaian
Kemampuan user untuk memodifikasi/mengubah antarmuka sesuai keinginan user.
• Melalui user kemampuan beradaptasi terhadap sistem
• Oleh sistem melakukan aktivitas kecocokan terhadap user

3. Prinsip Ketahanan
Mendukung pengguna untuk menentukan kesuksesan pencapaian dalam mendapatkan prestasi dan menggapai tujuan. Diantaranya :
a. Pengamatan
Menjelaskan bagaimana user mendapatkan informasi yang diinginkan, bisa dengan cara :
• Browsing – menjelajahi keadaan sekarang (tanpa mengubahnya),
• Reachability- Kemampuan seseorang untuk mendapatkan informasi dan menavigasi melalui bagian-bagian yang diamati, kegigihan
• Ketekunan, seberapa lama dalam status observasi dapat bertahan.
b. Kemampuan untuk merecovery
Kemampuan user untuk menangulangi atau mengkoreksi suatu kesalahan
• Kesulitan dalam prosedur pembetulan berhubungan dengan tugas asli yang sulit.
• Pembetulan yang tampil kedepan
Kemampuan untuk mengatur ketika kita tidak bisa mengembalikannya.
• Perbaikan secara mundur
Mengembalikan kesalahan yang sebelum nya pernah dilakukan.
c. Kemampuan bereaksi.
Tanggapan user mengenai kecepatan berkomunikasi dengan sistem.
• Waktu untuk bereaksi
Maksudnya, waktu sistem untuk merespon dalam beberapa cara untuk aksi yang dilakukan user.
• Tanggapan user tidak selalu benar
• Konsistensi yang penting
• Merespon OK apabila kecocokan user diluar dugaan.
d. Penyesuaian Tugas.
Apakah sistem dapat mendukung semua tugas sesuai harapan user
• Kelengkapan tugas
Menjelaskan bagaimana sistem melakukan semua tugas yang penting.
• Kecukupan tugas
Menjelaskan bagaimana user mengerti bagaimana mengerjakan tugas
Dan memungkinkan pengguna untuk mendefinisikan tugas-tugas baru

0 komentar:

Posting Komentar

pusat studi gunadarma

Search Box

Profile

University

Pengikut