langkah2 membuat web

1. Alamat website (domain)

Nama domain adalah nama unik yang dipakai untuk nama server di internet. Nama domain lebih sering dihafalkan karena lebih mudah dari pada menghafal ip address sebuah web. Untuk itulah untuk membuat website membutuhkan "nama domain". Dengan membeli nama domain tersebut, pengguna internet cukup memasukan "www."namadomainygdibeli".com" ke internet explorer (browser) mereka untuk mengunjung website yang dibuat perusahaan. Sebagai contoh: untuk mengunjungi wabsite Yahoo, cukup memasukan "www.yahoo.com" atau "yahoo.com" ke internet explorer. Nama domain tersebut yang akan mengantarkan pengguna internet ke website perusahaan.

2. Hosting

Setelah mendapatkan alamat website/ nama domain, kemudian dibutuhkan servis yang dinamakan web hosting. Web hosting adalah menyewakan ruangan hard disk dan fasilitas di server internet untuk mendapatkan dokumen-dokumen web (html, database, audio, video, dsb) Sehingga menjadi situs web yang dapat dikunjung dari seluruh dunia.

3. Tentukan isi dari website

Menyiapkan segala informasi yang dibutuhkan, seperti:
a. Content: informasi yang akan dimuat kedalam website yang berupa text dan kumpulan foto-foto.
b. Design: tampilan yang dibuat untuk keindahan tampilan di website sehingga menarik perhatian para pengunjung agar betah melihat website perusahaan, sehingga tertarik melihat seluruh informasi yang telah disiapkan oleh perusahaan.

Cara membuat design atau isi website

Bahasa HTML (Hypertext Mark-up Language) merupakan salah satu bahasa dasar yg di gunakan untuk membuat web. bahasa ini paling bayk digunakan karena paling mudah dan sederhana. Meskipun anda bisa saja membuat web page (halaman web) tanpa mengerti sedikitpun HTML, yakni dengan menggunakan editor HTML berjenis WYSIWYG seperti Microsoft FrontPage, Adobe PageMill atau Netscape Composer, namun sangat disarankan, agar anda mengerti bahasa HTM sebagai dasar. Terutama agar anda bisa memanfaatkan secara optimal berbagai fasilitas browser. Dengan HTML, teks ASCII (file *.txt) dapat dipoles (di-mark-up) dengan kode-kode tertentu yang disebut tag untuk menjadi dokumen HTML (file *.htm atau *.html). Oleh karena itu, untuk membuat dokumen HTML, anda bisa menggunakan semua program teks editor biasa, mulai dari Notepad hingga MS Word.

PENGENALAN KODE HTML

pada html sebuah awalan perlu dibuat akhiran nya juga yg disebut tag. Tag adalah kode yang digunakan untuk me-mark-up (memoles) teks ASCII menjadi file HTML. Setiap tag diapit dengan tanda kurung runcing. Ada tag pembuka yaitu dan ada tag penutup yaitu yang ditandai dengan tanda slash (garis miring) di depan awal tulisannya. Tag di atas memberikan faidah bahwa yang akan ditulis diantara kedua tag tersebut adalah isi dari dokumen HTML. Perlu anda ketahui bahwa tag-tag html dapat ditulis dengan huruf besar ataupun huruf kecil. Artinya, penulisan atau atau sama saja hasilnya. Namun perlu selalu diingat bahwa penulisan tag yang salah meskipun hanya satu karakter akan berpengaruh terhadap dokumen HTML anda, bahkan bisa berakibat dokumen HTML anda tidak bisa ditampilkan dalam browser. Karena file-file HTML sebenarnya adalah file-file ASCII biasa, maka anda dapat menggunakan editor-editor teks sederhana seperti WordStar (WS), Notepad, MS Write, dan lain-lain. Editor-editor teks tersebut dapat membimbing anda mempelajari kode-kode HTML secara luar dalam. Akan tetapi mungkin anda sedikit frustrasi karena harus mengetik semua kode HTML baris per baris yang dalam perkembangannya akan menjadi sangat rumit. Meski demikian, menggunakan teks editor untuk membuat halaman web adalah cara terbaik untuk benar-benar mengerti tentang struktur file HTML.

kesimpulan : perlu banyak keahlian untuk membuat sebuah web dapat dimanfaatkan dengan optimal.



0 komentar:

Posting Komentar

pusat studi gunadarma

Search Box

Profile

University

Pengikut